Golongan Darah Sistem A-B-O

November 14, 2013

Menurut sistem ini, golongan darah manusia dibedakan atas 4 macam, yaitu sebagai berikut.

1) Golongan darah A apabila dalam sel darah merahnya terdapat antigen A. Adanya antigen tersebut dikendalikan oleh gen IA. Di dalam serum terdapat antibodi anti-B.

2) Golongan darah B apabila dalam sel darah merahnya terdapat antigen B. Adanya antigen tersebut dikendalikan oleh gen IB.  Di dalam serum terdapat antibodi anti-A.

3) Golongan darah A dan B apabila dalam sel darah merahnya terdapat antigen A dan B, masing-masing kemunculannya dikendalikan oleh gen IA dan IB. Di dalam serum tidak terdapat antibodi anti-A maupun anti-B.

4) Golongan darah O apabila dalam sel darah merahnya tidak terdapat antigen A atau B. Keadaan ini timbal balik karena dikendalikan oleh gen IO yang bersifat sensitif, baik terhadap gen IA maupun gen IB. Di dalam serum terdapat antibodi anti-A dan anti-B.

Dibawah ini ilustrasi penggolongan darah berdasarkan antigen yang dimilikinya:
Penggolongan Darah Berdasarkan Antigen yang Dimilikinya

Pewarisan Golongan Darah

Pewarisan golongan darah kepada seorang anak dipengaruhi oleh golongan darah orangtuanya. Berdasarkan uraian sebelumnya tentang genotip dan fenotip golongan darah, maka dapat dibuat tabel hubungan antara fenotipe golongan darah, genotipe, dan kemungkinan sel gametnya.

Tabel Hubungan Fenotipe dan Genotipe Golongan Darah ABO

Dari tabel di atas, dapat dibuat tabel kemungkinan golongan darah anak yang dipengaruhi oleh golongan darah orangtuanya. Perhatikan tabel berikut:

Pengaruh Golongan Darah Orangtua Terhadap Golongan Darah Anak

Transfusi Darah

Pada transfusi darah terdapat ketentuan dimana transfusi sebaiknya dilakukan pada orang yang bergolongan darah sama agar terjadi kecocokan antara darah donor (pemberi) dan darah resipien (penerima). Akan tetapi, apabila transfusi darah dari donor kepada resipien tidak sama golongan darahnya, akan terjadi reaksi penggumpalan darah atau reaksi serologi pada tubuh penerima yang dapat mengakibatkan kematian. Namun transfusi dapat pula dilakukan antara dua orang dengan golongan darah yang berlainan. Ketentuannya adalah sebagai berikut:
Transfusi Darah

You Might Also Like

4 comments

  1. Pertanyaan,
    Jika seseorang memiliki golongan darah tipe "O". Dia memiliki dua kakak bergolongan darah "A" dan "B". Genotip golongan darah kedua orang tuanya adalah apa ?

    BalasHapus
  2. BANTU JAWAB....ORTUNYA A SAMA B , LIHAT DI TABEL ITU ADA

    BalasHapus

Like us on Facebook